Gladi Bersih Apel Santri Se-Comal | Hari Santri Nasional 2019


MWCNU 05 Comal Pemalang - Puncak perayaan peringatan Hari Santri Nasional Ke-4 Tahun 2019 di Kecamatan Comal akan digelar esok hari (22/10). Rencananya, Apel Santri Se-Comal akan dilakukan di Taman Kota Comal pada pagi hari. Terlihat persiapan yang tengah dilakukan oleh petugas apel sore hari ini (21/20).

Petugas apel adalah dari unsur Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Satkoryon Comal sedangkan untuk pengibar bendera adalah dari santri siswa sekolah di Comal. Yang menarik adalah pengibaran Bendera tidak menggunakan satu tiang, melainkan dikibarkan oleh 22 pasukan pengibar bendera dengan cara dibawa di tangan. Angka 22 diambil dari tanggal 22 Oktober, yaitu saat PBNU yang diketuai Hadratussaikh Hasyim Asy'ari mengeluarkan Resolusi Jihad sebagai respon atas masuknya tentara sekutu ke Surabaya. Resolusi Jihad ini telah mengilhami ribuan santri untuk bergerak dengan restu dan dipimpin kyainya melawan penjajah. Bahkan perlawanan ini juga menggerakkan bukan hanya orang Islam saja, melainkan lintas agama. Hubbul Wathan Minal Iman, Cinta Tanah Air Sebagian dari Iman.



Resolusi Jihad ini merupakan panggilan berjuang untuk membela Tanah Air. Inilah pemicu Pertempuran Surabaya yang lebih dikenal dengan Hari Pahlawan, 10 November. Penetapan Hari Santri sebagai pengakuan bahwa peran Kyai-Santri begitu nyata. MWCNU 05 Comal bergerak untuk memaknai Hari Santri Nasional sebagai momentum santri untuk membuktikan bahwa santri ternyata memiliki kemampuan yang luar biasa. 

Ingat, besok Selasa (22/10) Apel Santri Se-Comal akan dilakukan di Taman Kota Comal dengan persiapan mulai pukul 07.00 WIB. Pastikan kamu datang dengan mengenakan baju putih, peci hitam, bersarung. Santri Unggul, Indonesia Makmur!



0 komentar: